Apa Pentingnya Manajemen Gudang?

Gudang ialah suatu ruangan yang biasanya dipergunakan untuk menyimpan barang yang umumnya dalam jumlah besar dan pada umumnya dimiliki oleh perusahaan yang ada di bidang manufacture. Jenis barang yang disimpan dalam gudang sangatlah beragam, namun biasanya yang disimpan di dalam sana berupa bahan baku atau pun persediaan barang dagangan. Tahukah Anda? Gudang ini sebenarnya merupakan bagian dari kegiatan logistik yang fungsinya tidak hanya sebatas sebagai tempat penyimpanan saja, namun ada hal penting lainnya.

 

Pentingnya gudang dalam keberlangsungan usaha memang tidak bisa disepelekan. Meski tidak memiliki bangunan untuk gudang sendiri, beberapa perusahaan rela menyewa suatu tempat untuk dijadikan gudang penyimpanan. Adapun fungsi gudang dalam perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Assembling : Gudang memang memiliki fungsi pokok sebagai tempat penyimpanan, namun beberapa perusahaan juga menggunakannya sebagai tempat assembling yaitu untuk merakit produk yang dipesan oleh klien atau konsumen.

2. Dispatching : Fungsi lainnya ialah sebagai dispatching untuk penyimpanan mau pun pengiriman. Dengan ini proses produksi suatu barang bisa dikendalikan dan sesuai dengan schedule yang ditetapkan.

3. Inbound & Outbound : Perusahaan menggunakan gudang juga sebagai inbound dan outbound consolidation. Inbound consolidation merupakan proses di mana barang-barang dikonsolidasi terlebih dahulu di dalam ruang penyimpanan sebelum masuk proses produksi. Sedangkan outbound consolidation ialah menempatkan barang-barang yang diproduksi dan dikonsolidasi sebelum nantinya diserahkan kepada pelanggan.

4. Mantaining Record : Gudang dijadikan sebagai tempat penyimpanan yang berfungsi untuk melakukan perawatan produk. Apalagi jika barang dagangan yang dimiliki perusahaan memang perlu ditempatkan di ruangan yang baik agar kualitas barang tetap terjaga.

5. Packaging : Gudang juga digunakan untuk tempat pengepakan suatu produk sebelum diserahkan ke pelanggan. Di gudang pula pemilihan pesanan dilakukan sebelum dilanjutkan ke proses selanjutnya. Di ruang penyimpanan ini pula dilakukan aktivitas penyortiran dan pemeriksaan barang dalam kontainer sampai dikirim ke pelanggan.

Melihat fungsi-fungsi gudang di atas tentu Anda paham kenapa manajemen gudang menjadi salah satu aspek penting dalam menjalankan usaha. Gudang sebenarnya bukanlah urusan stok belaka, namun juga bisa merambat ke manajemen lain termasuk manajemen keuangan suatu perusahaan. Manajemen gudang yang baik secara tidak langsung bisa membantu menekan biaya produksi.

 

 

Nah, ada beberapa keuntungan bisa didapatkan perusahaan jika berhasil melakukan manajemen yang tepat, lho. Berikut beberapa keuntungan yang dapat anda peroleh:

1. Mengurangi resiko kerugian
Dengan adanya manajemen gudang yang baik, maka Anda turut mengurangi risiko kerugian yang mungkin terjadi di masa depan. Resiko kerugian yang dimaksud ialah seperti kerusakan barang dagangan yang disimpan terlalu lama hingga pengurangan biaya logistik.

2. Mampu memenuhi permintaan lebih cepat
Dengan sistem manajemen gudang yang baik, maka perusahaan dapat memenuhi permintaan klien lebih cepat. Permintaan yang sifatnya mendadak pun bisa dipenuhi jika gudang diatur dengan sebaik-baiknya.

3. Menyajikan informasi stok secara real time
Anda dapat mengetahui jumlah stok, berapa stok yang mengalami kerusakan dan berapa jumlah unit yang masih dalam proses hingga yang sudah selesai. Tentu saja itu semua memudahkan anda dalam menyusun dan membaca laporan terkait.

4. Menentukan inventori dan re-order lebih tepat
Sistem manajemen gudang bisa mengestimasi lebih tepat seperti seberapa besar stok barang yang diperlukan.

5. Sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan perusahaan
Informasi gudang dibutuhkan untuk menetapkan harga pokok penjualan yang nantinya digunakan untuk memperhitungkan untung rugi yang diperoleh perusahaan. Data gudang diperlukan sebagai pembanding dengan data sebelumnya demi mengambil kebijakan perusahaan yang tepat.

6. Mengurangi kecurangan yang mungkin terjadi
Adanya manajemen gudang dapat mengidentifikasi kecurangan dan kelalaian yang mungkin terjadi pada perusahaan. Manajemen gudang bisa dijadikan sebagai bentuk pengawasan, kontroling dan perencanaan persediaan barang yang ada.

No Comments

Post A Comment